Friday, November 6, 2009

Setting Tab Aplikasi Photos dalam Facebook

Beberapa hari yang lalu, temen fesbuk saya ( Hendri Yati ) bertanya kepada saya via facebook messages. Pertanyaannya adalah :



Setelah saya melakukan beberapa pertanyaan dan percobaan ternyata permasalahannya ada pada setting Aplikasi Photos itu sendiri.
Buat siapa photo itu kita Up Load.
Untuk kenangan sendirikah.
Untuk sharing ke semua temankah.
Atau untuk sharing ke temen tertentu saja.
Dan perlu kita ketahui,... di dalam ber-setting tentang photo ternyata ada 2 jenis setting yang saya temukan.

Pertama : Setting Album dalam Tab Photo.
Kedua   : Setting Aplikasi Photo secara keseluruhan.

Dan sekarang untuk menjawab pertanyaan temen fesbuk saya, saya akan mecoba membahas point pertama dulu,... mari,..



Pada gambar di atas ini adalah sebuah contoh dari album photo saya, yang dilihat melalui ID fesbuk milik saya sendiri. Pada album ketiga yang berjudul PRIVATE adalah salah satu album, yang sengaja saya setting agar hanya saya yang dapat melihat album tersebut. Dalam keterangan di atas gambar, terlihat jelas bahwa saya memiliki 20 Album photo dengan 5 buah halaman.


Dan gambar di atas adalah Album Photo saya yang dilihat melalui ID fesbuk yang lain.
Dapat kita lihat, bahwa album tersebut memiliki 3 perbedaan antara via ID fesbuk milik sendiri dengan via ID fesbuk yang lain.
1. Album Photo yang berjudul PRIVATE tidak terlihat.
2. Jumlah album photo hanya 16 Album.
3. Jumlah halaman hanya ada 4 halaman.
Ini berarti saya memiliki 4 buah album photo yang bersifat rahasia

Nah, dalam hal setting album, ternyata teman fesbuk saya telah melakukan sebuah kesalahan setting.



Pada gambar di atas dapat kita lihat bahwa Tab aplikasi photo pada profil fesbuknya, tidak terlihat. Yang ada hanya Wall, Info dan Notes. Padahal dapat kita lihat juga bahwa teman fesbuk saya ternyata memiliki 44 buah photo, yang tertera jelas di bawah gambar profilnya.

Jadi pada kesimpulannya, kesalahan yang telah di buatnya adalah, beliau telah dengan tidak sengaja melukukan setting private pada "Aplikasi Photo".
Mari kita liat.


Pada gambar di atas adalah Tab aplikasi pada profil fesbuk saya yaitu, Wall, Info, Photo, Notes, Video, Texas Holdem, dan +. Tab aplikasi ini di lihat dari ID fesbuk saya sendiri.


Pada gambar di atas adalah Tab profil fesbuk saya yang dilihat melalui ID fesbuk yang lain. Di mana yang terlihat hanya ada Dinding, Info, Catatan, Video, dan Texas Holdem. Sedangkan Tab Aplikasi Photo sama sekali tidak terlihat karena telah saya setting agar Tab Photo saya hanya saya yang bisa lihat.

Lalu bagaimana caranya agar Tab aplikasi photo bisa dilihat oleh teman fesbuk saya ?
Pada dasarnya, ada 2 jalan yang bisa kita lakukan. Kali ini saya akan membahas cara yang pertama dahulu.

Langkah-langkahnya adalah segabai berikut :
Arahkan cursor mouse anda pada setting\Application setting,.... lalu klik Application Setting.


Selanjutnya akan terbuka halaman setting seperti pada gambar di bawah ini.
Pada kolom Photo klik Edit Settings.


Selanjut timbul halaman baru dengan judul Edit Photos Settings.
Pada Tab Profile dalam Edit Photos Setting, terlihat bahwa Privacy saya, ter-setting Only me.



Klik tanda panah ke bawah pada Privacy Setting (roll down). Setelah terlihat roll down pilihan, klik Everyone. Yang dimaksudkan agar Aplikasi Photo dapat dilihat oleh semua orang. Atau pilihan lain yang anda sukai, lalu klik Okay.


Setelah itu dilakukan dengan benar, maka dapat kita lihat perubahannya, bahwa tab Aplikasi photo pada Profil Fesbuk saya sudah dapat dilihat oleh ID fesbuk yang lain.


Cara yang kedua, akan saya lajutkan pada artikel saya yang berikutnya, di mana pada garis besarnya hampir sama. hanya mungkin lebih cepat dengan meng-klik tombol plus yang ada pada Tab Aplikasi terakhir di Tab Aplikasi Fesbuk saya.

Oh ya,... artikel ini telah saya berbaharui, dengan menambah satu buah gambar lagi yang mana teman fesbuk saya ( Hendri Yati ) telah berhasil melakukan perubahan Tab Fesbuknya. Bahkan telah menambah Tab Boxes dan Tab Profesional. Bravo mbak Hendri.









No comments:

Post a Comment

Delete this element to display blogger navbar