Saturday, May 30, 2009

Melakukan Sytem Restore

Pada artikel saya sebelumnya, telah saya bahas tentang bagaimana cara membuat system restore sendiri. Lakukan lah hal tersebut secara terjadwal dengan rapih. Bagaimana jadwal yang rapit bisa terwujud, pada dasarnya terletak pada pribadi anda sendiri. Serapih apakah anda.
Ini bukan artikel ngerjain, karena secara otomatis komputer akan membuat system restore dengan sendirinya. Tapi nggak ada salahnya kita lakukan. Banyak pengguna komputer malakukan hal tersebut, karena nggak selamanya komputer kita melakukan hal tersebut.

Nah jika komputer anda mengalami kerusakan, jangan panik dan membuang-buang uang hanya untuk meng-hire saya,... he he he. Langkah yang harus anda lakukan adalah merstart komputer anda. Jika hal tersebut tidak memungkinkan, maka lakukanlah rumus ONE MAGIC BUTTON.
Tombol tersebut berada dekat dengan tombol power on pada casing komputer anda. Biasanya terletak lebih tersembunyi, kecil dan terkadang harus menggunakan jarum atau benda lain yang berujung runcing.

Nah, Sit back and relex, karna kita harus mengguuuuuu lagi system komputer melakukan loading ulang. Jika dalam loading ini juga mengalami hambatan lakukan sekali lagi ONE MAGIC BUTTON. Tungguuuuuu lagi bos. Tidak.
Pada saat tailan awal bersiaplah menekan F8 pada keyboard anda dan pilih save mode pada pilihan paling atas. Kali ini benar-benar menungguuuuuuu lagi. Sehingga komputer akan berjalan dalam system save mode dimana banyak software dan hardware tertentu yang tidak dapat bekerja dalam system ini.

Setelah selesai. Saya asumsikan bahwa komputer anda berbasis windows XP.
klik start menu/All programs/Accesories/System Tools/System Restore

Selanjutnya akan muncul window baru System Restore.

Centrang "Restore my computer to an early time" lalu klik next. Jangan ragu karena selanjutnya kita akan diberikan fasilitas undo restore. Pada window selanjutnya pilihlah system restore yang terakhir telah anda buat. Jika anda lupa dalam membuata system restore, pilihan yang dilakukan sendiri oleh komputer anda.


Setelah anda pilih dengan matang klik next dan selanjutnay keluar window baru yang memberikan pilihan terakhir untuk anda korfirmasikan lagi atas apa yang akan anda lakukan, dan jika anda sudah yakin, yakin seyakin-yakinnya, maka klik next. Dan menungguuuuuu lagi. Kesempatan buat anda ambil minuman dingin,.....

OCREE. Komputer anda sudah kembali pada posisi awal sebelum terjadi kerusakan.
Perlu diketahui, bahwa kemungkinan besar, data pekerjaan anda yang telah anda update, juga akan kembali pada posisi sebelum anda melakukan pembuatan system restore. Unutk itu sebaik nya anda juga rajin membuat back up file ( artikel selanjutnya ya bos,......... ).

No comments:

Post a Comment

Delete this element to display blogger navbar