Thursday, June 4, 2009

Merubah Defoult My Documents

Jika kita melakukan sebuah pekerjaaan, katakanlah dengan menggunakan program teks dari Microsoft Office seperti Microsoft Word, maka hasil pekerjaan kita akan secara otomatis tersimpan dalam folder My Documents, yaitu dapat kita lihat melalui explorer C: \ Documents and Settings \ Username \ My Documents.. Dan ini adalah standar penyimpanan dalam Systim Operasi dari Microsoft.

Tapi bukan hanya microsoft, Program lainpun banyak yang memanfaatkan standart penyimpanan ini. Lain halnya dengan program seperti video editing. Program ini memiliki penyimpanan secara otomatis yang dapat kita atur dengan perintah Scrach Disk.



Namun demikian melakukan penyimpanan data secara default, memiliki kekuarangan. jika tiba-tiba system operasi mengalami kerusakan yang mana tidak dapat berperbaiki kembali. Dan hanya bisa dilakukan dengan jalan installasi sistim operasi secara ulang.

Gubrak data gua,......
Walaupun semua bisa dilakukan dengan jalan mengcopy melalui sistem DOS dan atau dicangkok pada komputer yang lain, namun tetap saja membutuhkan waktu.
Untuk menghindari hal tersebut, pada dasarnya kita dapat melakukan trik agar pekerjaan yang kita lakukan akan tersimpan secara otomatis bukan di drive C (bukan default sistem). Yaitu dengan merubah target default dari My Documents yang berada di drive C ke partisi lain, misalkan D, E dsb.

Caranya cukup mudah, yakni:

Bukalah window explorer dengan meng-klik kanan strat/explorer. Jika dalam explorer terdapat drive lain selain Drive C ( katakanlah drive D ), maka buatlah folder baru dengan nama Dataku atau sesuka hati anda.

Masih dalam windows explorer, Klik kanan pada folder My Documents lalu pilih Properties. Dalam windows My Documents Properties tersebut klik Sharing, dan klik shared documents pada Local sharing and security. Maka akan muncul window Shared Documents. Klik kanan My documents pada kolom Other Place. Dari sini akan muncul My documents properties.


Pada tab Target klik tombol Move….cari folder yang anda buat tadi. Jika sudah, klik OK/Aply/OK. Pada kotak yg muncul, klik Yes.
Walla,.... Kini data pekerjaan anda pindah pada drive D:\My Data\My Documents, dan seluruh data yang sudah terlanjur tersimpan dalam Default My Documents akan dipindahkan secara otomatis ke dalam My Documents yang baru.

No comments:

Post a Comment

Delete this element to display blogger navbar