Saturday, June 20, 2009

LAMPU LCD SCREEN ACER 4720 Z MATI SETENGAH

Dari photo di bawah kita dapat melihat bahwa tampilan layar LCD Acer 4720 Z ini hanya setengah. Di sini dapat kita simpulkan bahwa, penerangan yang diterima pada dasarnyapun hanya setengah.


Mari kita bongkar. Pertama-tama sudah barang tentu membongkar casing notebook dengan membuka display bezelnya terlebih dahulu. Dalam artikel sebelumnya, kami sudah pernah membahas cara membongkar display bezel tersebut. Jadi dalam artikel kali ini, kami langsung membahas cara membongkar LCD SREEN dan mengganti lampunya.


Yang pertama harus di lakukan adalah melepas semua isolasi yang menempel. Karena sebagian besar pengikat LCD screen adalah isolasi dan 2 buah baut kecil, yang terletak pojok bawah kiri dan kanan.


Setelah baut terlepas, selanjutnya kita lepas bingkai logam yang berfungsi sebagai penjepi. Bingkai logam ini menjepit beberapa bagian screen.

Setelah bingkai logam terlepas, dapat kita lihat ada beberapa lapisan LCD screen yang memiliki fungsi yang berbeda, dan ini akan kami tulis dalam artikel selanjutnya.


Dalam gambar di bawah ini, Seperti layaknya lampu neon yang sering kita lihat, lampu LCD screen juga adalah lampu neon dari kaca berwarna putih dop. Dan memiliki kelamahan yang sama ( mati setengah, kedip-kedip, dll). Dalam kasus ini dapat kita lihat jelas ada bercak hitam pada ujung lampu neon tersebut. Ini adalah sisi yang tidak menyala dan harus diganti dengan yang baru.


Ingat untuk menggantinya perlu extra hati-hati, karena kaca neon ini sangat tipis, karenanya mudah patah bila bengkok sedikit.
Salam service.

No comments:

Post a Comment

Delete this element to display blogger navbar