Monday, September 28, 2009

Mengganti LCD Acer 2300 pecah

Rezeki emang gak lari kemana,.. Baru dateng ke Mall, langsung dapet 4 mayat Notebook. Serasa THR. Tapi ternyata malah ada yang dapet 10 orderan. Ada yang begini, ada yang begitu. Tapi ada satu yang keliatannya enak untuk di bahas. Masih seputar LCD.

Ini mungkin saran dari saya agar rekan-rekan ndak rugi kalau pulang kampung saat lebaran. Ceritanya simpel. Mudik berdesak-desakan naik kereta api. Hingga sampai tujuan, notebook yang di bawa LCDnya pecah. Lebur brantakan.


Rencana mo pamer malah manyun. Setelah mendatangi saya untuk mengganti LCD yang pecah tersebut, mungkin inilah keuntungan client saya. Untung ada temen seperjuangan yang ternyata punya barang yang sama yang nganggur. Sehingga tidak perlu mengeluarkan dana yang terlalu tinggi untuk membeli LCD yang baru, dan cukup membeli yang seken aja.

Tapi setelah dicek, ternyata LCD seken milik temen saya sebagai cangkok ternyata lampu neonnya mati. Di sini lah saya tertarik memasukan artikel ini ke dalam blog saya, karna kedua LCD Screen mempunyai kerusakan yang berbeda. Sehingga saya harus memilih satu diantara dua, Mengganti LCD yang pecah atau mengganti lampu Neon yang mati, karna kedua LCD Screen tersebut harus dibongkar.


Tampak dalam photo di atas. LCD sebagai cangkok ternyata tidak menyala, tapi dalam hal tetap mengeluarkan signal gambar yang terkirim dari VGA Notebook. Signal tersebut sangat samar-samar jika dilihat dengan kasat mata. Dan dalam photo di atas tidak terlalu kelihatan signal tersebut. Saya menuduh lampu neon yang rusak karna setelah kedua inverter tersebut di coba. Dan tetap di ada aktivitas sinar.

Dengan demikian saya tidak hanya sekedar mengganti LCD Screen secara langsung, tetapi juga harus juga mencangkok Neon dari LCD yang pecah ke LCD cangkok. Untuk itu kedua LCD Screen tersebut harus dibongkar.


Tampak dalam photo di atas, LCD screen telah terbongkar menjadi 3 bagian.

1. Main Bezel LCD
2. Bezel LCD
3. LCD ( yang pecah )

Dikarenakan lampu neon dari LCD Sreen cangkok tersebut tidak berfungsi maka, saya tetap menggukan Main Bazel dan Bezel yang lama, dan memindahkan LCD congkok ke dalamnya. Karena terlalu riskan untuk memindahkan lampu neon yang berdiamater 2 milimeter ( Lidi ) yang sangat riskan pecah. Rekan rekan bisa mengibaratkan dengan lampu neon yang biasa rekan-rekan lihat di rumah.

Namun demikian, rekan-rekan pemula harus juga berhati-hati. karna selain LCD masih terdapat beberapa lapisan lagi. Lapisan-lipasan tersebut dapat rekan-rekan lihat pada artikel yang berjudul "Mengganti Lampu LCD Screen Acer 4720Z". Lapisan-lapisan tersebut mempunyai fungsi yang berbeda-beda. Namun secara keseruhan lapisan-lapisan tersebut mempunyai fungsi yang sama sebagai penyebar sinar dari lampu neon hingga rata ke seluruh luas LCD, karna lampu neon pada notebook hanya ada 1 yaitu pada bagian bawah.


Pada lapisan no 2 setelah LCD utama ( No 1 ), terdapat lapisan yang sangat sensitif jika terkena sesuatu yang lembut sekalipun.

Dalam pekerjaan ini saya telah melakukan kesalahan. Bahwa lapisan tersebut kerkena titik keringat yang jajuh dari wajah. Karna nanggung sudah kena titik air, saya akan membuktikan keriskanan tersebut dengan melakukan pembersihan titik keringan dengan kain laken yang sangat lembut, sekaligus membuat sebuah goresan kecil dengan menggaris secara sangat lembut, bahkan hampir tidak ada tekanan sama sekali dengan kuku.


Pada photo di atas terdapat dua kerusakan yang diakibat oleh membasuh titik keringat dengan menggunakan kain laken dan goresan kecil nan lembut dengan menggunkan kuku. Dan rekan-rekan bisa lihat perbedaannya jika lapisan no 2 tersebut kita aplikasikan ke dalam Main Bezel LCD.


Dan pada photo di atas adalah merupakan final dalam dalam pencangkok LCD.
Semoga bermafaat.

5 comments:

  1. bos..klo lcd laptop gw warnanya agak kekuning-kuningan, itu kenapa yah? jd harus gw atur warnanya secara manual contras, brightnes and colornya baru rada mendingan (gak maksimal sih). Inverternya atw lampu backlightnya yah? mohon pencerahan thanks...

    ReplyDelete
  2. Ups,... Sorry bos,... baru engeh klo ada commment. Kalau warna berubah sebenarnya bulan terletak di inverter atau lampu neon ( backlight ).

    Backlight (Neon) pada dasarnya dijalankan oleh arus Kuat (AC). Karena Nootebok itu sendiri Berjalan di bawah arus lemah (DC).

    Maka untuk menjalan fungsi neon diperlukan alat yang dapat merubah arus DC menjadi arus AC. Alat tersebut dinamakan Inverter. Dengan alat ini maka backlight dapat menyala.

    Perlu deketahui juga bahwa seluruh backlight memiliki warna putih, sehingga tidak mempengaruhi warna tampilan signal.

    Nah jika Notebooh Mas Firmansyah agak berwarna kuning, sudah barang tentu bukan dikarenakan Ineverter atau neon. Banyak faktor yang mempengaruhinya. Misalnya RGB outpt dari VGA Nootebook sudah lemah, atau bisa jadi dari Mainboard LCD itu sendiri yang sudah lemah, yang tidak mampu lagi menerima signal RGB dari VGA.

    Solusi pengecekannya coba lakukan output signal melalui external VGAnya dengan menggunakan Monitor atau LCD External, dan perhatikan perbedaannya,...

    Thank's 2 U

    ReplyDelete
  3. Boss...pencerahane bagus banget....boleh diconto ilmunya...Tapi harga LCD baru sama 2nd selisihnya berapa??? kok beli 2nd, masalah lagi.....
    Saya jualan Layar LCD laptop juga, klo mau nanya harga boleh jg...tapi klo mahal jangan bilang2 yaaaa.
    www.mase002.blogspot.com
    sms 085711665051

    ReplyDelete
  4. Kayaknya ada masalah nih sama email saya,..... comment yang masuk sama sekali gak ada warning di email. Ma'af sekali lagi, special buat Bita.com yang udah kasih comment,..... :)

    Masalah selisih baru sama 2nd kayaknya gak ada pasarannya. Tergantung yang punya barang 2nd-nya. Kalau yang punyanya ngeselin, selesihnya gak jauh dari yang baru. Kalau saya biasanya bekisar 60 - 75 % harga baru, n tergantung kondisi. Karna sudah termasuk ongkos pasang.

    Tengkyu n punten telat Bita.com

    ReplyDelete
  5. boss pada saat nyalain pertama lampu lcd nyala tp setelah 4 menit mati dan direstart begitu terus itu knp ya??

    ReplyDelete

Delete this element to display blogger navbar