Friday, July 3, 2009

Mengganti Layar LCD ACER 4520

Dalam tutorial di bawah ini, Saya akan mengganti layar LCD ACER 4520 dengan layar LCD yang baru. Tapi sebelumnya saya mohon maaf bahwa saya lupa mengambil gambar awal dari kondisi awal dari laptop tersebut. Gambar di bawah ini saya ambil justru setelah layar LCD baru terpasang. Di sini anda dapat melihat kerusakan layar LCD, yaitu pada pojok kiri atas.

Kerusakan ini diakibatkan oleh terbakarnya salah satu rangkaian elektronik yang terletak di belakang layar LCD.


STEP 1. Copot bateri laptop. Ini wajib di lakukan untuk menontaktifkan aliran listrik arus kecil.


STEP 2.
Dengan menggunakan obeng tajam yang kecil lepaskanlah 6 buah skrup dari Bezel Display. Keenam skrup tadi berada tertutp oleh 6 buah seal yang befungsi sebagai penahan Bezel Display dari kontak langsung terhadap Casing laptop.


STEP 3.
Buka Bezel Display secara hati. Dalam hal ini saya selalu menggunakan kuku saya yang sengaja saya pelihara. Dengan menggunakan kuku, maka feeling untuk membuka Bezel Display sangat akurat sehingga tidak merusak Bezel tersebut sehingga dapat tertutup kembali dengan kondisi yang rapih seperti semula.



STEP 4.
Lepas 2 buah konektor kabel dari inverter. Inverter ini terletak di bawah layar LD yang akan kita ganti.




STEP 5.
Lepas 4 buah skrup yang berfungsi penahan layar LCD pada besi engsel.



STEP 6.
Lepas konektor kabel webcam.



STEP 7.
Lepas konektor kabel data LCD.



STEP 8.
Lepas 2 buah skrup penahan layar LCD yang berada di samping kiri dan kanan layar LCD.



STEP 9.
Setelah semua skrup terlepas maka berhati-hatilah krena layar LCD dalam kondisi yang rawan jatuh. Dan lepas layar LCD yang rusak dan pasanglah dengan yang baru. lakukan dengan hati-hati. Setelah layar LCD yang baru telah terpasang, dan seluruh kabelpun telah terpasang, Lakukan pengujian sebelum anda memasang bezel display.


Semoga bermanfaat,...




No comments:

Post a Comment

Delete this element to display blogger navbar