Monday, February 15, 2010

TIPS MEMBELI LAPTOP BEKAS ( 1 - 3 )

Beranjak lagi yuuuuk.
Kali ini saya mau mencoba memberikan beberapa tips dalam membeli notebook  bekas,..... Tapi berhubung loba pisan merk dan type notebook yang beredar,... so saya akan men-tips-kan dalam metode yang bersambung. Mirip Cerpen gitu loh.  Karena setiap individu notebook memiliki karakteristis yang tersendiri. setiap type yang keluar pasti di claim yang terbaik oleh pabrikkannya masing-masing. Namun tetap memiliki kelemahan tersendiri. Nah di sini saya hanya memberikan informasi negatif, tentang notebook apa yang punya kelemahan apa. Dan saya tidak akan memberikan informasi yang bersifat positif dari setiap type,... karena pasti gak dapet royaltinya,.... Heeeee :)

TIPS 1

Perlu kita perhatian bahkan cara masuk kalkulator canggih bernama notebook ke Tanah  air yang tercinta ini ada 4 cara.

  1. Resmi, yaitu di import langsung oleh distributor resmi yang di tunjuk oleh pabrikan.
  2. Legal-legal ilegal,... Pedagang besar yang membeli langsung dari negara tertentu tanpa melalui distributor resmi. ( Potong Jalur )
  3. Seorang bapak yang pulang di luar negri dan membawa oleh-oleh notebook untuk anaknya
  4. Ngomongnya ngimport pulpen,... ternyata yang di dalam isinya notebook. GUBRAK.
  5. Masih banyak cara lain lagi.

Nah dari sini kita bisa menerka,.. untuk ayat 2, 3, 4 dan 5, kita tidak bisa mengetahui bahwa notebook tersebut kelaur dari pabrik secar legal atau juga ilegal. Untuk mengetahui notebook yang anda jatuh cintai itu resmi atau tidak,... akan saya sajikan dalam TIPS ke sekian,...


TIPS 2

VGA ( Video Graphics Accelerator )
Notebook yang beredar di negri yang tercinta ini biasanya didominasi oleh 3 perusahaan besar yang berorientasi di produk VGA ini. Antara lain adalah ATI, NVIDIA, dan INTEL.
Dari ketiga produk ini,.... ATI dan NVIDIA cukup kita kenal  ketangguhan. Dan debutnya di dunia perkomputeran sangat balapan,.... Namun pada penerapannya dalam mainboard notebook,... kedua branded ini, adalah biang kerok kerusakan pada segmen VGA. Jika sebuah notebok running seperti apa adanya ( lampu LED HDD menyala, suara windows welcome berkumandang ), namun tidak ada tanda-tanda kehidupan pada LCD-nya, maka curigailah VGA-nya. Untuk mestikan bahwa kerusakan terletak pada segmen VGA, cobalah untuk me-reboot notebook dengan menggunakan layar monitor ekternal seperti Monitor CRT, LCD atau infokus/lcd. Jika pada external monitor juga tidak ada tanda-tanda kehidupan, maka vonislah sang VGA.
Biaya perbaikan mainboard bervariasi antara Rp 450 000 hingga Rp 650 000.


TIPS 3

ACER ASPIRE 5580 dan senasip sepenanggungannya.

Untuk Acer type ini "dan" type Acer yang bentuk fisik notebooknya seperti 5580 ( link gambar notebooknya ). Sering bermasalah pada bagian tombol power on-nya  ( link gambar mainboard ). Terkadang sering tidak menyala kalau tombol power on ini kita tekan, walaupun sudah pakai perasaan sayang,.... bahkan tidak akan menyala walaupun sebelumnya kita bilang,... sayang manyala dooooong. Jika kondisi ini sudah sangat memprihatinkan, sekeras apapun kita tekan, notebook tetap tidur nyenyak. Oleh sebab itu jangan diteruskan. Call me. hehehehe.
Biaya perbaikan kerusakan bervariasi antara Rp 250 000 hingga Rp 350 000.

Bersambung,...... 




No comments:

Post a Comment

Delete this element to display blogger navbar