Thursday, February 18, 2010

TIPS MEMBELI LAPTOP BEKAS ( 4 - 5 )

TIPS 4 ( Toshiba Satelite M200, M205, L200) (liat gambar)

Keterpurukan Toshiba type ini cukup unik. Dimana antara adapter dengan baterai tidak kompak, ( Ibarat istri pertama dengan istri kedua ). Ketidak akuran ini cukup berlailnan antara unit laptop yang satu dengan laptop yang lainnya, antara lain :

  • Runing hanya dengan adaptor. Dalam artian jika laptop runing dengan menggunakan adapter sementara baterai terpasang pada slotnya, maka laptop akan mengalami eror.
  • Runing hanya dengan baterai. Dalam artian jika laptop runing dengan menggunakan baterai lalu kita melakukan plug in adapter, maka laptop akan mengalami eror.
  • Runing hanya sambil recharge. Dalam artian jika laptop hanya menggunakan baterai atau hanya menggunakan adapter maka laptop akan mengalami eror.
Nah buat anda yang ingin membeli toshiba type ini, harus lah lebih teliti. Lakukan testing seperti di atas. Jika anda melekukan testing dengan benar dan laptop yang akan anda beli mengalami eror, maka sebaiknya anda beralih ke lain hati.
Eror laptop Toshiba M200, M205 dan L200 ( Atau yang fisik nya seperti itu ) yang dialami seperti Hang,.. Mouse menjadi kacau (laris sana lari sini),.. Resolusi display berubah,... Display kotak-kotak/bergaris,... lampu mati ( enverter tidak berfungsi ), sering mengalami restart mendadak. dan lain-lain yang belum saya jumpai.
Perkiraan biaya perbaikan Rp 0 ( Belum ada teknisi yang sanggup memperbaiki, Teknisi toshibapun enggan menjawab )

TIPS 5 ( COMPAQ nc6000 )

Compaq type ini pada dasarnya cukup bandel dan jarang sekali mengalami kerusakan. Tapi jika mengalami kerusakan, biasanya selalu hang, tidak ada tampilan di layar LCD, Hard disk LED tidak menyala,... selanjutnya 5 detik kemudian power drop n mati.

Banyak sekali teknisi yang mendiagnosa kerusakan pada mainboard bagian chipset dan VGA. Tapi sebenarnya kerusakan terletak pada mainboard bagian power supply.

Perkiraan biaya perbaikan mainboard antara Rp 450 000 hingga Rp 650 000.


Bersambung,..............

No comments:

Post a Comment

Delete this element to display blogger navbar