Tuesday, July 27, 2010

Sekilas Tentang Microsoft Windows OEM (Original Equipment Manufacturing ) dan Windows Bajakan.

Mungkin masih banyak masyarakat kita yang masih belum tau banyak tentang seluk-beluk Opearting System Windows yang Original. Banyak sekali customer yang datang berkeluh kesah dengan komputernya yang semakin lama semakin menjengkelkan. Ada yang gak bisa buka word, exel. dan yang gak bisa terima email via Outlook,.. Ada yang gak bisa ngeprint,.... dan lain-lain,... dan lain-lain. Sebagian di antaranya diakibatkan oleh system windows mereka yang kena stempel windows bajakan.
Ini adalah salah satu kelemahan Operating System Windows kita tidak Original.Tidak bisa melakukan Up date System secara resmi, seiring dengan perkembangan. 
Perlu kita ketahui, apabila kita dalam kondisi online, maka secara langsung tanpa kita sadari, kita sedang melakukan Up Date windows. Kondisi ini dapat running apabila System Up Date Windows dalam kondisi Automatic Up Date. Sejumlah file secara langsung terdownload dan terinstall ke dalam komputer kita. Sehingga Windows dapat mengetahui apakah Operating System Windows kita original atau tidak.

OEM ( Original Equipment Manufacturing),.... adalah lisensi yang telah kita beli yang melekat erat  pada jenis komputer yang kita pakai. Baik itu Destop, Laptop, Netbook, Desknote, PDA dan lain-lain. Operating system Windows ini  bisa kita beli ini secara terpisah maupun bundle, dan akan syah milk kita selama komputer kita tidak mengalami kerusakan, tidak mengalami Up grade hard ward. Kenapa demikian ?
Pembelian secara terpisah bisa kita artikan bahwa kita membeli Lisensi yang akan di install di komputer rakitan, Built Up, Notebook yang hanya dilengkapi oleh DOS atau OS LINUX. Sedangkan jika kita membeli komputer atau notebook yang telah dilengkapi dengan OS Windows berarti kita telah membeli Lisensi secara Bundle. Taukah anda, bahwa pada dasarnya kita hanya membeli serial number dan stiker COA (Certificate of Authenticity). Karena Windows bajakan yang kita beli sebesar Rp 10000 pun dapat kita rubah menjadi Original. Wow Keren.

Nah,... seperti pada alenia di atas,... Lisensi yang kita beli secara terpisah atau Bundle ini memiliki kaitan erat dengan spesifikasi komputer yang kita beli atau yang akan diaplikasikan. Dan lisensi yang kita beli ini tidak dapat di transfer ke PC lain.
Karena OS Windows yang teregistrasi, akan mencatat nomor seri prosesor dan motherboard yang tertaman dalam komputer kita. Jadi apabila terjadi penggantian Prosesor atau Motherboard, maka otomatis lisensi ini hilang dan hangus, dan harus dibeli lagi. Huaaaaaaaaaaaaaah. Menangis lah kalau komputer dengan lisensi Windows anda rusak. Karena ruginya 2 kali lipat. Huaaaaaaaaaaaah.

Namun demikian selain orang kita,... ternyata orang bule juga masih banyak bloon tentang Lisensi ini. Atau mungkin juga mereka malah cerdik. Agar komputer mereka tetap dapat melakukan Up grade dan tidak perlu terlalu cemas bila terjadi kerusakan pada komputernya.

Karna pada dasarnya setelah lisensi ini kita beli, harus lah dilakukan registrasi bahwa lisensi ini telah kita pakai. Jika tidak. Orang bisa mencuri lisensi tersebut, dan meng-claim bahwa lisensi itu sudah miliknya. Dan ini di akui oleh pihak  OEM. BISA loh,... karena saya sudah pernah melakukan itu,... hahahahaha tapi bukan maling loh bozzzzzzzz. Wakakakakakak.

Nah untuk menjaga agar Lisensi yang anda beli tidak bisa di curi orang, anda harus melakukan registrasi. Ya. Karena Lisensi tersebut bisa dicuri walaupun Original Windows CD Intallernya kita simpan di Save Deposite Box bank kita.

Registrasi dapat kita lakukan dalam beberapa cara. Dua di antaranya adalah Via Internet dan via telepon.

Registrasi via internet adalah registrasi yang dilakkukan dengan sarana internet. Dalam melakukan regitrasi via internet, ada 12 hardware yang dideteksi oleh Microsoft, diantaranya Motherboard, Harddisk, Memory, VGA, LanCard, Modem, dll.   Ini mungkin jenis registrasi yang di harapkan pihak microsoft. Karena jika komputer kita rusak. maka lisensi kita hangus. Dan beli lagi dengan harga yang sama dengan yang rusak. SEKALI LAGI,..... Jika salah satu hard ware tersebut rusak,... maka Lisensi kita hangus. Waaaaah pantesan Bill Gates Beunghar.

Registrasi via telepon adalah registrasi yang banyak dilakukan. karna banyak yang menghindari hal tersebut,... sehingga sedikit aman jika terjadi kerusakan atau Up Grade. Namun sekali lagi,... hati-hati,.... karena beresiko tinggi karna lisensi tersebut bisa curi orang.

TIPS :
  • Berhati-hatilah jika meminjakan notebook anda ke orang lain.
  • Lakukan validasi online terhadap Laptop second yang akan anda beli dengan OS Windows Original. Karena bisa jadi Laptop yang akan di jual,... Lisensinya sudah basi.
Sumber : software-asli.com


No comments:

Post a Comment

Delete this element to display blogger navbar