Sunday, May 31, 2009

Membersih LCD

Debu atau kotoran lain yang menempel di laptop bukan hanya membuat tidak nyaman dalam bekerja, tetapi juga bisa berbahaya bagi laptop sehingga perlu dibersihkan. Bagian laptop yang perlu perhatian khusus untuk membersihkan terutama di bagian LCD (layar monitor).
Monitor TFT-LCD cenderung lebih mudah kotor sehingga seringkali monitor terlihat lebih buram. Beda dengan kaca lainnya, membersihkan LCD tidak bisa dilakukan "sembarangan". Salah sedikit, LCD bukannya bersih malah bisa tambah buram, kotor, atau malah tergores.
Kotornya LCD dan dekil notebook mencerminkan pribadi pamakainya sendiri,... betul,... Jika anda ingin dibilang ganteng oleh kekasih tercinta. Sulap dulu notebook anda dengan benar dan benar,... Gak perlu report-report pergi ke mangga dua untuk membeli cairan pembersih khusus untuk LCD,.... Selain jauh dan mengurangi omset saya ( hehehehe ),.... Bahan dasarnya pun ada di kamar mandi anda,.... tepu euy. Itupun memungkin untuk merubah gaya kotor yang rata menjadi lingkaran-lingkaran.

Tips saya pada kesempatan ini cukup membuat anda berguman "betapa bodohnya saya".

Coba perhatikan cara berikut ini untuk membersihkan LCD:
  • Pastikan laptop dalam keadaan OFF. Off dalam arti kata yang sesungguhnya adalah koneksi notebook dan adapter = 0% dan baterai terpisah dari induknya.
  • Jangan gunakan spon, tapi Gunakan kain yang lembut ( planel ). Kalau anda berkaca mata, anda pasti punya dong.
  • Tuangkan suatu cairan yang biasa dipakai ibu-ibu terhadap bayinya ke kain tersebut,...... Apaan tuh,..... Ayo tebak.
  • Bersihkan LCD dengan cara mengusap perlahan-lahan dalam arah yang horizontal atau vertikal. Jangan memutar-mutar,...... Pusing deh.
  • Jika anda melihat titik kain sudah mulai kotor, ganti dengan titik yang lain, demikian seterusnya.
  • Cairan ini juga cukup ampuh untuk membersih casing notebook anda. Jenis cairan ini sedikit keras ( sedikiiiiiiii loh ). Tapi tidak merusak LCD anda.
Cairan apa tuh,.....
MINYAK ANGIN,.... Pakai yang cap kapak, karena lebih ok hasilnya. Tidak hanya untuk LCD laptop, tips di atas bisa digunakan juga untuk layar monitor komputer, Hp dan lainnya.
Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

Delete this element to display blogger navbar