Sunday, May 31, 2009

Merawat Baterai Notebook


Bagi anda yang memiliki notebook,... Permasalahan yang paling sering di hadapi adalah PANAS. Alias HOT. Panas sangat berpengaruh pada kinerja dan usia sang notebook itu sendiri. Terutama baterai.


Tips berikut akan menjelaskan bagaimana caranya merawat baterai notebook / laptop sehingga kita bisa memperpanjang umur baterai sekaligus menjaga kualitas dari baterai itu sendiri.
Batas waktu pemakaian baterai yang biasanya hanya berdurasi 2 jam memang bisa mengurangi fungsi notebook / laptop sebagai mobile device. Bahkan bukan hal yang mustahil, sebuah baterai hanya mampu bertahan kurang dari durasi diatas yang mengindikasikan ketahanan baterai sudah mulai lemah.
Untuk merawat baterai dapat dilakukan langkah-langkah berikut:
  1. Jika anda pada posisi yang tidak sedang mobile, di rumah atau di kantor. Sebaiknya lepaskanlah bateri notebook dan simpan baik-baik, jangan di buang. Gunakanlah Adapter asli sebagai power utamanya. Sebenarnya ini hanya berfungsi untuk jenis notebook type lawas dan untuk jenis notebok yang tidak memiliki sistem termostat yang baik. Tapi tidak ada ruginya toh...
  2. Tidak menyalakan notebook di atas media yang bergelombang, seperti kasur, busa, bantal, lain-lain yang dapat menutup lubang ventilasi udara.
  3. Jika notebook dalam kondisi reses atau cuti, sebaik pisah baterai dari notebook simpanan di tempat yang tidak lembab.
  4. Gunakan cooling pad tambahan ( ingat pendingin bukan pemanas ). Dalam arti kata cooling yang menyedot udara panas dari notebook keluar. Bukannya meniut udara dingin ke notebook. Karna udara panas yang sedang dikeluarkan oleh notebook dipaksa masuk ( jangan ngeres ) kembali ke dalam notebook.
  5. Aktifkan fungsi pengaturan waktu pada notebook anda. tambah satu lagi tipsnya, set laptop untuk di force standby pada kondisi baterai 25%, jadi baterai tidak habis benar kita sudah siapkan chargernya
  6. Jika ruangan anda ber-AC, masukan notebook ke dalam tasnya jika tidak sedang digunakan, atau selimuti notebook dengan kain (usahakan yang tebal),.... Notebook juga manusia,...
Semoga bermanfaat,....

No comments:

Post a Comment

Delete this element to display blogger navbar